Perbandingan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Posted on

sigra vs calya

Daihatsu dan Toyota seringkali mengeluarkan varian mobil dengan desain yang mirip satu sama lain. Termasuk di antaranya adalah Toyota Calya serta Daihatsu Sigra. Walau sekilas memang tampak mirip, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup kentara. Nama Calya sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti sempurna. Sementara Sigra juga berasal dari bahasa Sansekerta, namun artinya adalah responsif. Keduanya sama-sama menyasar segmen LCGC atau Low Car Green Car. Baik Toyota serta Daihatsu juga tampil all out dan langsung mengeluarkan dua varian tertingginya. Pada saat peluncuran, pintu kedua unit mobil dikunci agar awak media tidak dapat mengambil gambar bagian interior mobil.

 

Namun, dari segi eksterior saja sudah cukup terlihat perbedaan antara Calya dan Sigra. Di bagian depan, keduanya sama-sama mengusung grill yang lebar serta tampak menyatu pada lampu kanan sampai lampu kirinya. Perbedaan yang signifikan terlihat pada bentuk foglamp, di mana foglaml Calya terletak pada pojok bumper seperti halnya Avanza, sementara foglamp Sigra memiliki list chrome dengan bentuk lebih lebar yang menginterupsi bentuk gril. Masih dari bagian depan, emblem Toyota Calya menggunakan lambang garuda seperti yang dapat kita lihat dari mobil Toyota Agya. Sementara pada Daihatsu Sigra menggunakan emblem dengan logo S yang menjadi ciri khasnya.

 

Berlanjut ke bagian samping, moulding chrome pada Sigra tampak manis pada bagian bawah pintu, sementara pada Calya tampak lebih polos. Di sisi samping juga, sedikit di bagian atas pintu Sigra tampak penggunaan aksesoris berupa talang air yang tidak digunakan pada Calya. Berlanjut ke bagian belakang dari mobil, tampak tidak ada perbedaan dari bentuk buritan Sigra maupun Calya. Namun, jika diperhatikan secara lebih cermat, Sigra tampak lebih unggul. Ini karena penggunaan susunan lampu serta garnish yang sama, namun bagian bawahnya terlihat bahwa knalpot milik Sigra lebih besar, berkat muffler tip. Sementara pada Calya tampak hanya mengandalkan pipa yang tampak polos.

 

Fitur lain yang tersedia pada Toyota Calya tipe G serta Daihatsu Sigra tipe R Deluxe tidak terlalu berbeda jauh. Untuk velg, keduanya sama-sama menggunakan velg two tone dengan diameter 14 inchi serta ban Bridgestone Ecopia EP150 175/65R14. Kedua varian tertinggi juga sama-sama sudah dilengkapi fitur standar keselamatan serta keamanan. Di antaranya adalah Side Impact Beam, ABS serta Dual SRS Airbags dan juga kunci yang disertai Immobilizer. Untuk harganya bisa ditanyakan langsung pada dealer Daihatsu dan Toyota terdekat. Hanya saja, fasilitas autolock yang terdapat pada Toyota Calya tidak turut terdapat pada Daihatsu Sigra. Fasilitas autolock ini sendiri dapat mengunci pintu otomatis saat kendaraan mencapai kecepatan 20km/jam.

 

Kisaran harga untuk Sigra adalah mulai dari Rp106 juta hingga Rp149 juta, sementara Calya mulai dari Rp129 juta hingga Rp150 juta. Keduanya sama-sama menyasar segmen LCGC MPV sehingga cocok digunakan sebagai mobil keluarga. Apalagi merk Toyota dan Daihatsu telah populer sebagai salah satu merk otomotif yang populer di Indonesia. Hadirnya Calya serta Sigra akan semakin meramaikan pasar otomotif tanah air serta memberikan lebih banyak pilihan pada konsumen. Harga di atas sendiri adalah harga on the road dan bisa berbeda antara satu kota dengan kota lainnya. Kita bisa mendapatkan harga yang akurat di dealer resmi Toyota serta Daihatsu. Demikian semoga ulasan di atas dapat bermanfaat.