toyota agya

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Agya Yang Perlu Anda Ketahui!

Posted on

Akan lebih baik jika anda mengetahui kelebihan dan kekurangan Toyota Agya sebelum anda menentukan pilihan untuk membeli mobil ini atau tidak. Seperti yang kita tahu, Agya merupakan varian dari Toyota yang diluncurkan sebagai salah satu produk LCGC, yang merupakan program pemerintah untuk menyediakan mobil murah nan ramah lingkungan. Tidak heran dalam satu tahun ini, Toyota Agya menghiasi jalanan di berbagai sudut kota di Indonesia.

Namun, apa saja kekurangan dan kelebihan Toyota Agya? Simak penjelasan di bawah ini.

  • Harga yang Terjangkau

Sebagai salah satu jenis mobil LCGC, Toyota Agya memiliki harga yang relatif terjangkau. Dimulai dengan kisaran 110 juta, anda sudah bisa membawa pulang Tipe E. Ada 5 varian lain yang bisa anda pilih dengan harga antara 121 juta hingga 132 juta rupiah yang tentunya dengan fitur lebih lengkap.

  • Kaya akan Fitur Keamanan

Berbeda dengan mobil lain, dimana biasanya mobil murah datang dengan fitur terbatas. Toyota Agya menawarkan fitur keamanan yang lengkap seperti SRS Airbags, Power Steering, Alarm Setting 5 mode, serta ISOFIX yang merupakan jok dengan desain khusus untuk menunjang keamanan.

  • Mesin yang Irit

Sejujurnya, mesin yang digunakan juga menjadi katalis kelebihan dan kekurangan Toyota Agya. Dilengkapi dengan mesin berukuran 999 cc, mesin tidak bisa memberikan tenaga yang besar. Namun di sisi lain, mesin ini memberikan keuntungan karena tidak mengkonsumsi bahan bakar terlalu banyak.

  • Body Mobil yang Ringan

Body mobil ini terbuat dari campuran aluminium dan rangka besi dengan konsep Body Structure Reinforcement. Konsep ini akan membuat body mobil tahan benturan, namun tidak cukup memberikan berat proporsional. Hasilnya, mobil bisa oleng jika dipacu pada kecepatan tinggi dalam keadaan kosong tanpa penumpang. Bahaya akan bertambah jika berpapasan dengan kendaraan yang lebih besar dari arah yang berlawanan.

Kekurangan Toyota Agya

Bicara tentang kelebihan tentu ada kekurangan, dengan bobotnya yang tergolong ringan, berat kosong mobil tersebut cuma sebesar 746 kg ketika berkecepatan tinggi akan sedikit kurang nyaman dan bisa oleng jika dipaksakan. Mobil ini memang bukan untuk standar kecepatan tinggi dengan kapasitas tenaga mesin 65 ps.

Percepatan (tarikan) pada mobil toyota agya tersebut tergolong lambat. buat menyentuh kecepatan 100 km/jam, dibutuhkan waktu kisaran 14 detik.

Berdasarkan perbandingan kelebihan dan kekurangan Toyota Agya diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Toyoa Agya merupakan mobil kota yang ramah lingkungan yang lebih cocok untuk dikendarai oleh orang yang lebih mementingkan keamanan dan kenyamanan, bukan kecepatan.

Leave a Reply