ban mobil benjol

Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mengatasinya

Permukaan ban mobil benjol akan semakin terasa jika Anda mengemudi mobil dengan kecepatan tinggi. Biasanya mobil serasa bergoyang atau bergetar kencang. Kasus permukaan ban benjol biasanya ditemui pada ban jenis tubeless. Lantas, apa yang menjadi penyebab ban benjol?

Penyebab ban benjol bisa bermacam-macam, di antaranya bisa dikarenakan pengisian angin dengan tekanan berlebihan, ban mengalami deformasi bentuk karena kurang tekanan dan beban berlebihan. Penyebab lainnya bisa juga karena ban sering melaju di atas jalan dengan bebatuan tajam atau karena Toe In/ Toe Out, sehingga perlu penyetelan (spooring).

Selain itu, suspensi juga bisa dijadikan penyebab ban mobil benjol lho. Karena suspensi yang keras dan mati, bantingannya akan berakibat ke ban mobil menjadi tidak rata atau benjol. Kendaraan pun terasa kurang nyaman meski melaju di jalan beraspal mulus.

Bagaimana cara mengecek ban mobil benjol?

Pertama, Anda harus mendongkrak mobil sampai ban terangkat sekitar 0,5 cm. Lalu, ganjal ban pada persilangan ban yang diperiksa. Lepas rem tangan saat memeriksa ban agar ban bisa berputar. Putar roda ban, lihat apakah pada ketinggian 0,5 cm ada bagian yang tersangkut di tanah. Jika ada, berarti ban mobil Anda tidak rata atau ban benjol.  

Apakah ban benjol bisa diperbaiki?

Kebanyakan bengkel mobil menyatakan ban mobil benjol tidak bisa diperbaiki. Sebaiknya Anda segera ganti ban mobil dengan yang baru. Berikut tips ampuh memilih ban mobil yang sebaiknya Anda ketahui:

  1. Pilih tipe ban sesuai mobil Anda, umumnya tertera pada plakat di pintu atau laci mobil. Misalnya terdapat huruf LT (light truck), ST (special trailer), T berarti ban serep, R (radial), P (passenger) berarti ban tersebut didesain untuk mobil penumpang.
  2. Pilih ukuran ban sesuai ukuran velg mobil. Ukuran ban biasanya terdapat pada angka di belakang huruf R yang tertera pada plakat.
  3. Pilih pola tapak ban sesuai kondisi jalan yang sering Anda lewati. Pasalnya, pola tapak ban ini berpengaruh kepada daya cengkeram dan akselerasi. Untuk jalan yang memiliki pola hujan cukup tinggi disarankan menggunakan pola V.
  4. Semakin lebar ban, maka daya cengkeramnya akan semakin baik. Namun perlu diingat, ban dengan ukuran lebar juga akan memengaruhi akselerasi.
  5. Mungkin sebagian dari Anda ada yang menggunakan ban yang lebih tipis. Ban tipis memang terlihat lebih keren ketika digunakan. Namun, ban dengan profil tipis sangat buruk ketika digunakan untuk melintas di jalan yang jelek atau berbatu. Velg mobil pun berisiko menjadi cepat rusak.

Itulah beberapa penyebab ban benjol dan cara mengatasinya. Saat hendak mengganti ban mobil, Anda bisa konsultasikan kepada teknisi bengkel mobil langganan Anda. Saat mengganti ban, pastikan juga tekanan anginnya berada pada angka 55 psi atau lihat tekanan standar dari buku manual mobil Anda.   

 

You might also like

Leave a Reply