Yamaha-x-ride3

Cara Tepat Melakukan Perawatan Motor Injeksi

Posted on

Motor merupakan alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu jenis motor yang banyak digunakan adalah motor injeksi. Perawatan motor injeksi seperti Yamaha X-ride termasuk mudah dan murah sehingga motor satu ini menjadi motor favorit di Indonesia. Bagi anda yang memiliki motor injeksi anda dapat mengikuti tips yang akan diberikan.

Perawatan motor injeksi yang tepat akan mempengaruhi motor bila anda jarang melakukan perawatan maka performa motor akan menjadi jelek dan mudah rusak. Perawatan motor injeksi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan motor yang menggunakan karburator. Tujuan dari perawatan ini adalah agar injektor tidak rusak dan menjaga performa motor.

  1. Gunakan bahan bakar beroktan tinggi

Bahan bakar yang dianjurkan untuk sepeda motor injeksi adalah bahan bakar beroktan 90 keatas. Bila anda menggunakan bahan bakar berkualitas rendah maka bahan bakar akan meninggalkan kerak pada sistem injeksi dan merusak mesin.

  1. Kondisi aki

Perhatikan kondisi aki. Tambahkan air bila aki kekurangan air, gunakan air aki yang sudah ada di pasaran. Bila sudah tidak bekerja optimal segera ganti aki anda.

  1. Ganti oli secara teratur

Usahakan untuk mengganti oli setiap 1.000 km sekali dan oli gear setiap 5.000 km. Serta jangan lupa untuk mengganti softbreaker, terutama pada motor injeksi setiap 10.000 km.

  1. Periksa ECU (electronic control unit )secara berkala. Bila ECU terganggu maka daya kerja motor juga akan terganggu. Usahakan untuk rajin memeriksakan ECU pada montir atau mekanis.
  1. Lakukan servis berkala

Lakukan servis secara berkala setiap 3.000 km sekali atau sesuaikan dengan buku petunjuk pemakaian motor. Minimal bawa motor untuk diservice tiga bulan sekali. Bila anda sering menggunakan sepeda motor sangat dianjurkan melakukan service sebulan sekali.

Perawatan motor injeksi dapat anda sesuaikan dengan merek motor anda. Lakukan perawatan sesuai dengan jarak kilometer yang sudah ditempuh motor. Demikian informasi seputar perawatan pada motor berinjeksi, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan motor dan cara yang benar.

Leave a Reply